sisi lainku

Rabu, 23 Maret 2011

Polisi dan Wartawan Jalin Kerjasama tentang Informasi Publik


Sesuai dengan UU RI nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik(KIP), kepolisian resort (Polres) Sekadau mengajak segenap insan pers dan tokoh masyarakat serta LSM untuk bekerjasama menerapkan UU tersebut dalam kegiatan sosialisasi UU KIP di aula Mapolres Sekadau, kemarin. Hadir dalam kegiatan tersebut, para Kapolsek di 7 Kecamatan, para jajaran personil Polres Sekadau, LSM, maupun para Wartawan dari berbagai media massa cetak maupun elektornik
Kapolres Sekadau, AKBP. Adeyana Supriayana, ketika membuka kegiatan sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP), meminta kerjasama dengan para awak pers dalam memberikan sarana informasi yang jelas dan akurat kepada publik.
 “ Kami mengajak semua kawan-kawan wartawan untuk bekerjasama dalam memberikan informasi yang jelas, akurat, dan transparan kepada masyarakat. Begitu juga dengan fungsi dan peran dokumentasi dan kehumasan di Polres, Polsek agar bisa memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat,” ujar Adeyana.
. Semantara itu, Kasubag Humas Polres Sekadau, AKP. Mohammad Benyamin, menyatakan peran Kehumasan di jajaran Polsek di tujuh Kecamatan yang ada di Kabupaten Sekadau, masih belum berfungsi dengan maksimal. Ia mengatakan pegaruh tersebut dikarenakan personil di jajaran Polres masih terbatas.
Kata dia, saat ini personil di Polres Sekadau terdata 260 personil dengan rincian yang bertugas di Mapolres Sekadau 178 Personil dan sisanya tersebar di Polsek-Polsek. Dengan keterbatasan Personil tersebut rata-rata polres hanya memiliki 10-15 personil yang bertugas di 7 kecamatan.
“Makanya, kita belum bisa membagi mana personil yang harus kosentrasi di humas Polsek, karena personil kita saja masih berkurang. Idealnya Polres itu memiliki 400-an anggota,” ujarnya.
Namun demikian, sambung dia, terbatasnya jumlah personil yang dipercayakan di humas tingkat Polsek, harus dapat berkoordinasi dengan masyarakat terkait dengan informasi yang ada di daerah masing masing. Kemudian dirinya juga meminta para wartawan untuk bekerjasama saling berbagi informasi terhadap apa saja masalah di lapangan.
“Dengan adanya tindak lanjut kegiatan ini, kami harapkan teman-teman dari media juga bisa membantu kami saling tukar informasi,” tandasnya.
Sementara itu, Antonius Sutarjo, perwakilan dari wartawan di Sekadau, mengatakan pihak pers siap berkerjasama terkait dengan informasi maupun konfirmasi terhadap pemberitaan di lapangan.
“ Kita selaku insan pers yang bertugas memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada masyarakat selalu siap bekerjasama dengan pihak manapun, termasuk Polri sebagai mitra kita,” kata Tarjo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar