sisi lainku

Senin, 28 Maret 2011

Mobilisasi Penduduk Harus Rutin Laporkan


Plt. Kepala Dinas melalui Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sekadau Afronius Akim Sehan mengatakan, mobilisasi penduduk di seluruh kabupaten Sekadau saat ini masih kesulitan untuk didata. Hal tersebut dikarenakan minimnya koordinasi antar pihak pemerintah desa, kecamatan dengan dinas Dukcapil mengenai kedatangan dan kematian penduduk.

“ Saat ini kita masih kesulitan untuk mendata secara persis jumlah penduduk yang terdaftar sebagai penduduk Sekadau. Hal itu dikarenakan pihak desa dan kecamatan jarang berkoordinasi dengan kita selaku instansi yang menangani masalah kependudukan terkait jumlah kedatangan penduduk baru dan angka kematian,” ungkap Afron saat ditemui diruang kerjanya, kemarin.

Dikatakan Afron, karena minim koordinasi tersebut menyebabkan ada penduduk yang memiliki KTP ganda. Adapula warga yang kesulitan mengurusi akta kependudukan karena tidak terdata dalam database dinas Dukcapil.

“ Tidak jarang kita temui ada warga yang memiliki identitas ganda. Hal tersebut terjadi karena yang bersangkutan baru pindah ke daerah kita, tetapi KTP daerah yang ditinggalkan masih valid,” paparnya.

Untuk mencegah penyalahgunaan identitas ganda, lanjut Afron, pihak terkait yakni pemerintah desa dan kecamatan diminta rutin melaporkan setiap ada kematian dan kedatangan penduduk baru guna memperoleh data penduduk yang tepat. “ Kita minta kepada pihak-pihak yang terkait agar proaktif melaporkan kedatangan dan kematian penduduknya,” pintanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar